Cara Menghitung Jumlah Kata untuk Konten SEO

Para master blogger saling 'bersaing' memberikan informasinya terkait dengan syarat-syarat konten terbaik pada sebuah postingan. Mulai dari syarat memperbaiki title atau judul, penggunanaan heading, sub, dan minor heading, kemudian penyisipan search description, penebalan kata yang sesuai keyword, pola isi konten banyak mengandung tags, pemakaian font, warna, background, link building yang baik, alt pada gambar dan masih banyak lagi trik-trik para master soal konten yang SEO friendly.

Termasuk syarat konten SEO?

Namun ada yang menarik, bahwa beberapa master SEO juga menambahkan syarat agar konten postingan mudah dirayapi search engine google, yakni pemakaian jumlah kata pada konten minimal sejumlah 500 kata atau ada pula yang mengisyaratkan hingga 2000 kata per konten.

Jujur, dalam hal ini penulis sudah pernah memakai dua-duanya dalam membuat sebuah postingan, namun hasilnya, saya rasa sama saja atau tidak jauh berbeda. Bahkan, sesuai pengalaman penulis, dengan pemakaian di bawah 500 kata per konten pun juga tidak terlalu berresiko untuk tidak terindex google.

Kata vs Karakter, Beda?

Sebelum dilanjutkan, kita harus pahami dulu bahwa istilah 'kata' dan 'karakter' adalah dua hal yang berbeda. Sebab diantara sahabat mungkin ada yang belum paham perbedaan kedua istilah tersebut.

Kata adalah susunan dari beberapa huruf vokal dan konsonan yang memiliki arti. Sedangkan karakter itu adalah semua yang ada di keyboard komputer yang kalau ditekan, bisa memunculkan sesuatu pada tempat mengetik.

Contoh : abcdefghijklmnopqrstuvwx#@() dan suloyo.
abcdefghijklmnopqrstuvwx#@ ini adalah karakter.
Sedangkan suloyo adalah sebuah kata.


Cara Menghitung Jumlah Kata dan Karakter

Baiklah dengan tanpa mengesampingkan syarat-syarat jumlah kata yang dibeberkan oleh para master SEO blogger, penulis akan membagikan cara mudah menghitung kata dalam sebuah artikel, tulisan atau dalam hal ini adalah kata-kata dalam postingan. Berikut caranya.

Silakan sahabat menuju ke web www.wordcounter.net. Lalu isikan kotak yang tersedian dengan kata-kata yang ingin sahabat hitung. Atau bisa pula dengan copy paste artikel yang sudah jadi baik dari notepad, office words, excell dan lain-lain. Maka hasilnya akan langsung nampak pada bagian bawah kotak tersebut. Hasil yang tertera adalah jumlah kata dan jumlah karakter.

Bagi sahabat yang memang menggunakan limit atau batasan jumlah kata yang harus ada pada konten, maka cara ini sangat bermanfaat sekali.

Demikian cara menghitung jumlah kata pada konten postingan blog. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

2 comments