Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel

Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel - Sebagai admin blogger, membuat postingan artikel sudah merupakan aktifitas yang tidak terbantahkan. Bukan seorang blogger bila tidak memposting artikel. Blog pun akan terasa hampa bila tidak ada artikel di dalamnya. Akan tetapi ide-ide tulisan terkadang muncul tanpa mengenal waktu. Keluar begitu saja di saat tidak berada di depan komputer. Padahal ide dan kata-kata yang sudah terangkai ada kemungkinan hilang bila tidak segera dituangkan ke dalam tulisan.

Maka sangat diperlukan perangkat yang memudahkan blogger untuk menulis artikel ke dalam postingan blog tanpa harus berada di depan layar monitor. Sebuah prasarana penunjang bagi blogger yang mungkin tidak memiliki komputer atau laptop. Dan perangkat yang dimaksud adalah handphone.
Artikel pilihan Membuat Blog Dalam 5 Menit, Terbukti.

Tipe ponsel

Handphone atau ponsel bisa digunakan untuk membuat postingan di blog. Bahkan device mobile ini tidak perlu memakai yang canggih, seperti smartphone, tablet maupun iPhone yang harganya justru ada yang lebih mahal dari komputer dan laptop. Hanya menggunakan handphone yang bisa digunakan untuk SMS dan Email saja sudah cukup. Saya yakin handphone atau ponsel yang memiliki fitur sederhana tersebut pasti harganya sangat terjangkau. Lagipula, kemunculan aneka ragam merek android dengan harga yang terjangkau sudah lebih dari mencukupi untuk aktifitas blogging.
Artikel rekomendasi Memformat Body Posts pada Blog.

Kemudahan vs Kekurangan

Manfaat yang didapat blogger menggunakan device handphone dalam membuat postingan adalah lebih efisien dan tidak mengenal waktu. Bisa dilakukan dimana saja, sambil santai, liburan bahkan sambil kuliah pun masih bisa membuat postingan. Namun ada kelemahan membuat postingan melalui handphone tersebut. Diantaranya adalah postingan yang dihasilkan tidak bisa berisi label, desain tampilan juga tidak sebagus menggunakan komputer, tidak bisa memilahkan antara heading, subheading dan minor heading dan tidak pula bisa melihat hasil sementara melalui fitur Preview. Satu lagi, membuat postingan melalui ponsel pasti juga akan terkena biaya kirim SMS atau kuota internet bila melalui email.

By the way, meski terdapat beberapa kekurangan memposting blog melalui ponsel, namun satu hal yang tetap menjadi pilihan terbaik adalah kemudahan dalam menuangkan tulisan dalam blog. Sebab aktifitas harian terkadang telah menghabiskan waktu untuk duduk sejenak di depan meja komputer guna memposting tulisan.

Secara default, blogger telah menyediakan layanan khusus bagi admin untuk mengirim postingan di blognya melalui SMS dan Email. Kedua layanan ini bisa disetting pada setelan seluler dan email. Selengkapnya silakan simak ulasannya berikut ini.
Baca Cara Memanjakan Pengunjung Blog dengan Sitemap yang Menarik.

Posting Blog lewat SMS

Melalui setelan seluler, sahabat akan dimudahkan untuk memposting melalui SMS. Sahabat hanya perlu mengaktifkan ponsel. Lalu siap-siap untuk mengirimkan kode konfirmasi melalui nomor yang disediakan blogger. Berikut tahapannya.
  1. Masuk ke dasboard blogger.
  2. Pilih menu setting, lalu klik Mobile and Email.
  3. Klik Add a mobile device. Lalu akan muncul popup seperti berikut.
Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel

Dalam popup terdapat kode unik di kotak warna kuning. Silakan sahabat ketik kode tersebut lalu kirim ke go@blogger.com. Namun apabila ponsel sahabat tidak mendukung fitur MMS, maka kirim kode tersebut melalui SMS ke 256447 (BLOGGR). Setelah sahabat berhasil mengirim kode tersebut, maka kini sahabat sudah bisa membuat postingan melalui ponsel dengan mengirimkannya ke nomor yang sama.
Artikel layak baca Traffik Blog Melimpah dengan System Traffic Exchange.

Posting Blog melalui Email

Tahapan membuat postingan blog lewat email hampir mirip melalui SMS. Namun tidak memerlukan kode awal pengiriman. Caranya adalah Masuk ke akun blogger. Lalu pilih Setting, klik Mobile dan Email.
Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel
Keterangan:
  • Posting using email, gunakan email sahabat dengan menambahkan kode rahasia ke dalam kotak. Kode tersebut bermanfaat untuk keamanan blog sahabat. Jangan sampai orang lain mengetahuinya. Lalu pilih 'Publish email immediately' bila ingin mempublishkan langsung postingan yang dibuat. Atau pilih 'Save emails as draft post', apabila ingin menyimpan terlebih dahulu postingan yang dikirim untuk kemudian dipublish melalui komputer.
  • Comment Notofication Email, adalah notifikasi yang akan muncul jika ada yang memberikan komentar. Isi email yang valid.
  • Email post to, adalah postingan melalui email bisa dikirimkan ke kontak email yang lain.
  • Akhiri dengan Save arrangement.
Melalui dua cara tersebut, kini sahabat sudah bisa memposting blog melalui ponsel. Cara kedua hanya bisa dilakukan untuk ponsel yang telah dilengkapi fitur pengiriman email.
Simak Cara Buat Blog Terbaru Lengkap Bergambar dari A-Z, Newbie Silakan Masuk.
Demikian cara membuat postingan melalui ponsel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 comments: