AKURAT, Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog


Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog - Loading page pada template adalah salah satu komponen daya tarik pengunjung sebuah situs atau blog. Pengunjung akan merasa nyaman, manakala situs yang dikunjunginya terbuka dengan sempurna, baik text, flash dan gambarnya dalam waktu yang relatif singkat. Kebutuhan informasi yang harus segera ia dapatkan adalah salah satu alasan mengapa para pengunjung lebih menyukai situs dengan kecepatan loadingnya tinggi.

Kini para developer template berlomba-lomba dan bersaing dalam membuat desain template dengan loading secepat mungkin. Bahkan jika kita menulis keyword "template fast loading" ke dalam kotak mesin pencarian google, maka disana akan muncul ribuan hasil penelusuran. Ini menunjukkan template dengan loading yang cepat ternyata tidak saja digemari visitor, namun pula sangat digemari oleh para admin web atau blogger.

Konten vs Fast loading

Tentu menjadi sebuah pertanyaan. Oke, templatenya sudah fast laoding, sudah terbuka dengan sempurna dalam beberapa detik saja. Namun bagaimana dengan konten isinya? Bukankah yang dicari pengunjung adalah isi artikel yang menarik dan berbobot. Apa jadinya bila mereka berulang-ulang kali menelusuri web atau blog yang cepat, namun tidak mampu menjawab kebutuhan yang mereka harapkan? Kecewa, pasti. Namun, satu hal yang harus dihindari oleh admin web atau blog adalah, jika pengunjung blog langsung keluar saat membaca beberapa kalimat awal tanpa menyelesaikan artikel keseluruhan, maka time page show akan mengecil. Ini berarti bounce rate blog akan menggelembung. Artinya, blog tersebut masuk dalam kategori tidak disukai returning user yang sangat bermanfaat untuk menaikkan page rank.

Tergantung bandwith

Secepat apapun loading template sebuah situs, apabila bandwith internetnya lembek, maka sama saja. Demikian pula sebaliknya, se-'lemot' apapun template situs, jika dibuka di area berbandwith tinggi, maka loadingnya jadi ikut cepat.

Sehingga bila digabungkan, artinya bahwa sebuah situs atau blog dinilai baik bagi pengguna adalah yang memiliki konten baik dan berkualitas serta memiliki template yang cepat. Saya berharap kedua komponen tersebut terdapat pada blog milik sahabat.

Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengukur kecepatan loading sebuah template. Kedua cara ini memiliki keakuratan yang berbeda dan metoda analisa yang berbeda pula. Silakan memilih salah satu atau keduanya.

Cek melalui GTmetrix

1. Silakan menuju ke GTmetrix.
2. Tulis URL blog secara lengkap di kotak yang tersedia.
3. Klik Analize.
AKURAT, Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog
Keunggulan GTmetrix dari pada tools cek speed page lainnya adalah hasil analisa yang sangat detail. Untuk performa secara global, GTmetrix mengkategorikan dengan grade A, B dan seterusnya. Grade A adalah performa yang terbaik. Keterangan yang lainnya sangat banyak. Silakan saja langsung mencobanya.

Cek melalui Pagespeed dari Google

2. Tulis URL blog secara lengkap di kotak yang tersedia.
3. Klik Analize.
AKURAT, Cara Cek Kecepatan Loading Template Blog
Kelebihan pagespeed dari google ini adalah keakuratannya dalam menganalisa kecepatan template sebuah situs dalam mode mobile mapun desktop. Selain itu, web tools ini juga menyertakan bagaimana menjelaskan detail cara memperbaiki jika template tersebut meloading tidak sempurna. Skor hasilnya dalam rasio 75:100. Jika hasil ceknya di atas 75:100, maka template sudah berloading baik. Sebaliknya, jika hasilnya di bawah itu, maka template perlu banyak perbaikan.

Bagaimana mudah bukan? Setelah dicoba, berapa skor hasil loading template blog sahabat?

Demikian cara cek kecepatan loading template blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 comments