Seputar Lightbox Blogger dan Cara Pengaturannya

cara pengaturan lightbox blog

Lightbox merupakan salah satu fitur di dalam pltaform blogger. Fitur ini disediakan secara default oleh blogger untuk memudahkan admin untuk mengelola image yang ingin ditampilkannya di dalam postingan. Demikian halnya, fitur lightbox ini sangat membantu pengunjung atau pembaca untuk melihat secara detail image yang ada di dalam artikel postingan. Sehingga hadirnya fitur lightbox ini sangat bermanfaat.

Namun demikian, ada kalanya fitur seperti ini bagi sebagian admin tidak diperlukan lagi. Mereka menganggap, bahwa fitur ini akan sia-sia, sebab detail image sudah tertera dalam postingan tanpa harus diklik untuk mendapatkan gambar detailnya.

Apapun alasannya, mari kita simak cara mengaktifkan atau enable fitur lightbox ini, sekaligus cara menonatifkannya atau disabled. Silakan simak ulasan berikut.

Cara pengaturan lightbox blog

1. Masuk ke dasborad blogger.
2. Pilih menu Setting, lalu klik Posts and comments.
cara pengaturan lightbox blog
3. Dalam tab menu Showcase images with Lightbox pilih Yes untuk mengaktifkannya dan pilih No untuk menonaktifkannya.
4. Akhiri dengan Save Changes.
Artikel pilihan Kenali Batasan Apa Saja yang Terdapat dalam Blogger.
Keterangan :
Jika lightbox diaktifkan, maka saat user mengklik image dalam postingan, akan dimunculkan dalam popup, namun masih dalam satu jendela. Jika di dalam postingan tersebut terdapat beberapa image atau jumlahnya lebih dari satu, maka akan ditampilkan berupa image thumbnail. Silakan lihat contohnya pada gambar paling atas.

Kemudian fitur ini tidak bisa aktif jika admin menggunakan template dynamic views atau tampilan dinamis. Untuk template tampilan dinamis ini bisa ditemukan pada menu Template.
cara pengaturan lightbox blog
Trik lainnya Cara Memasang Widget Random Post Bergerak pada Blog.
Demikian penjelasan singkat mengenai fitur lightbox dan cara pengaturannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin ditambahkan atau merespon seputar lightbox ini, silakan masukkan ke dalam kolom komentar yang disediakan. Trims

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.