Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog - Sebagai pemilik blog, wajar bila ingin mengetahui seberapa banyak sih visitor yang mengunjungi blog kita. Sebab dengan mengetahuinya, maka kita bisa memonitor sekaligus menganalisa perkembangan blog yang kita kelola. Apakah blog milik kita sudah baik di mata search engine ataukah sebaliknya. Maka diperlukan sebuah tools atau layanan yang mampu memberikan informasi seputar jumlah trafik, jumlah page views per periode tertentu, dan berapa jumlah visitor yang online pada suatu waktu dan sebagainya.

Ada beberapa layanan yang bisa kita gunakan. Salah satunya yang populer di mata para webmaster adalah dengan menggunakan histats. Apa histats itu? Apakah keunggulan histats ini sehingga banyak digunakan? Lalu bagaimana pengaruhnya dengan blog yang kita kelola? Simak uraiannya berikut.

Apa Histats itu?

Histats adalah semacam tools yang digunakan untuk merekam setiap aktifitas pengunjung yang terjadi dalam sebuah situs. Layanan gratis ini digunakan untuk memonitor blog melalui informasi yang diberikan. Diantara informasi yang diperoleh dari histats ini adalah jumlah pengunjung tiap hari, jumlah page views perhari, jumlah pengunjung yang beraktifitas online secara real time. Dan masih banyak lagi informasi bermanfaat dari histats ini.

Apa saja Keunggulan Histats

Histats memungkinkan admin web atau blog untuk mendapatkan informasi seputar aktifitas pengunjung secara gratis dan terproteksi. Selain itu, tampilan widget yang diberikan sangat banyak dan bervariasi hingga lebih dari 600 macam bentuk. Histats juga bisa digunakan untuk memonitor lebih dari satu situs atau blog yang dipantau menggunakan multiple URL panel. Dan manfaat lain yang sangat berguna.

Apa pengaruhnya bagi Blog

Lalu bagaimana pengaruhnya bagi blog yang kita kelola? Apakah dengan memakai widget histats tersebut blog akan serta merta dikunjungi visitor dengan trafik yang melimpah? Atau memang hanya digunakan untuk memonitor aktifitas pengunjung saja?

Pertanyaan ini bisa dijawab dengan satu kata, BENAR. Mengapa demikian? Dengan mendapatkan informasi seputar visitor tiap hari dan bahkan realtime, maka itu sudah cukup memberikan referensi tambahan untuk memperbaiki blog yang kita kelola. Sebagai contoh. Dalam sehari pageviews pada blog kita masih di angka 500 dengan jumlah visitor 100 orang. Maka kita harus terus menggenjot produktifitas dalam blogging. Contoh lain. Realtime position visitor setiap hari bisa dilihat. Pada jam-jam berapakah visitor mengunjungi blog kita. Maka, hasil yang didapat menjadi modal bagus untuk memperbanyak share postingan di waktu-waktu tersebut. Dan masih banyak lagi informasi histats yang bisa digunakan untuk mengotimalkan blog milik kita.
Dengan demikian, karena manfaat yang kita peroleh dari histats sangat banyak, maka selanjutnya adalah mendaftarkan blog kita ke histats agar bisa ditracking dan direkam ke dalam servernya. Berikut tahap-tahapnya.

Cara Daftar Blog di Histats

1. Silakan menuju ke register page histats.

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

2. Isi semua form yang ada. Gunakan email valid untuk mendaftarkannya, sebab melalui email inilah validasi pendaftaran dilakukan. Kemudian buat pasword yang kuat. Lalu pilih Time Zone yang tepat. Lalu beri tanda centang pada 'I have read...dst.' Setelah itu isi kode capcha yang ada. Akhiri dengan klik Register.

3. Histats akan mengirim kode verifikasi melalui email. Silakan sahabat cek inbok email. Lalu klik kode verifikasi dan login menggunakan email dan pasword yang telah dibuat sebelumnya.

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

4. Setelah login, maka sahabat akan diarahkan ke control panel. Dalam pengaturan control panel ini, silakan sahabat klik Add a website untuk menambahkan blog yang ingin didaftarkan.

5. Selesai, selamat. Kini blog sahabat telah terdaftar ke dalam Histats dan siap untuk ditracking.
Pada tahab berikutnya, sahabat memerlukan sebuah kode guna mengetahui realtime statistik blog tanpa harus mengunjungi website histats. Akan tetapi berupa widget dengan mode tampilan informasi visitor.

Cara Memasang Widget Histats pada Blog

Melanjutkan tahap sebelumnya, kini sahabat harus mencari kode untuk disematkan pada widget blog. Masih dalam control panel. Lalu klik Counter CODE di kanan atas.

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

Klik add new counter.

Sahabat akan diberikan aneka macam bentuk widget yang bisa disematkan ke dalam blog. Silakan klik untuk memilih dan mendapatkan kodenya.

Lalu drag semua kodenya, dan copy kode tersebut. Lalu buka dasboard blogger sahabat. Pilih menu Layout. Add a gadget. Pilih HTML / Javascript. Pastekan kode yang didapat pada area HTML tersebut. Akhiri dengan Save.

Selesai.
Kini blog sahabat telah terdaftar dan siap mendapatkan informasi statistik realtime visitor yang berkunjung melalui widget histats yang dipasang. Kemudian untuk tracking dan monitoring blog lainnya, sahabat bisa mencoba menggunakan Google Analitics. Selengkapnya silakan simak Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog.

Demikian tutorial cara daftar dan memasang widget histats pada blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Bila ada yang kurang silakan ditambahi dan bila ada yang keliru, saya sangat terbuka untuk menerima kritik dan ralat. Semoga jadi kebaikan kita bersama.

14 comments