Tips Menggunakan Website Traffic Exchange : Manual surf dan Auto surf

Tips Menggunakan Website Traffic Exchange : Manual surf dan Auto surf - Salah satu primadona untuk meningkatkan trafik visitor pada sebuah web atau blog secara instan dan cepat adalah menggunakan jasa traffic exchange. Traffic exchange atau lebih mudahnya merupakan istilah dari pertukaran trafik antara satu web ke web lainnya, memungkinkan website satu dengan lainnya saling memberikan pertukaran visitor.

Macam traffic exchange

Pertukarang trafik semacam ini terbagi menjadi dua macam, yaitu manual surf dan autosurf. Perbedaan keduanya adalah pada teknik surfing pada sebuah web. Manual surf dilakukan secara manual, sedangkan auto surf dilakukan secara otomatis dari perangkat web atau software yang disediakan oleh website trasffic exchange tersebut. Menggunakan jasa traffic exchange semacam ini memang sangat bermanfaat bagi keberadaan web atau blog kita di dunia maya. Semakin sering mendapatkan trafik, maka tingkat kepopuleran web juga akan menanjak.

Tips Menggunakan Website Traffic Exchange

Akan tetapi hendaklah memahami bagaimana cara melakukan traffic exchange ini dengan benar, agar posisi web atau blog kita bisa optimal. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan jika hendak menggunakan website traffic exchange.

Pastikan target visitor

Beberapa website yang melayani traffic exchange membuka fitur geo targetting atau penentuan area surfing pada sebuah web atau blog. Fitur seperti ini sangat berguna bagi web ecommerce atau toko online yang menyasar ke calon pelanggan di daerah tertentu. Namun bagi situs lainnya yang lebih mementingkan banyak visitor yang masuk, maka geo targetting seperti ini bisa ditinggalkan. Kelebihan memakai fitur ini adalah target visitor jelas dan lebih efektif dalam menyampaikan sebuah pesan, informasi dan iklan.

Loading cepat

Pada manual surf dan auto surf, kebanyakan menggunakan rentang waktu open site sekitar 10 hingga 60 detik. Sehingga sangat dibutuhkan desain tampilan web atau blog yang memiliki kecepatan load yang baik. Sebab, jika tidak mampu terbuka dalam rentang waktu yang 'terbatas' tersebut, maka mengikuti program traffic exchange merupakan hal yang sia-sia. Apa gunanya jika web atau blog kita tidak bisa dilihat atau disimak oleh visitor dalam rentang waktu tersebut. Maka solusinya, gunakan template yang simple dan fast loading.

Pelacakan menyeluruh

Sebagian besar website traffic exchange memberikan informasi kemudahan mendapatkan trafik dan visitor secara cepat. Bahkan dalam tataran premium, bukan free member, website traffic exchange tersebut berani memberikan promo yang sangat besar. Misal dalam rentang waktu sekian hari akan mendapatkan jumlah visitor unik sekian ribu dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana website traffic exchange itu mampu melacak web atau blog milik kita secara menyeluruh, bukan hanya sebagian saja. Artinya, semua link yang ada mampu terlacak dengan baik. Ini penting. Sebab dengan terlacaknya seluruh link yang ada, maka perayapan google akan semakin friendly. Angka alexa pun juga akan semakin menipis, seiring jumlah visitor di setiap link yang ada.

Gunakan kata-kata persuasif

Web page yang sahabat gunakan dalam program traffic exchange ini sebaiknya memakai kata-kata yang mengandung ajakan yang dialogis. Atau deretan kalimat sederhana yang menimbulkan keingintahuan dari pembaca. Harapannya adalah visitor yang kebetulan membaca web atau blog kita, meski hanya beberapa saat, mereka akan membookmark untuk kemudian dibaca pada tab baru. Hasilnya, returning visitor dan bounce rate di google analytic web kita akan semakin baik. Pada hasil yang lain, terutama web ecommerce, adalah peluang menjaring calon pelanggan-pelanggan baru.

Lengkapi dengan kontak

Time surfng yang terbatas tidak mungkin bisa memberikan informasi secara menyeluruh produk pada web kita kepada pembaca. Sehingga, kelengkapan informasi kontak yang jelas akan membantu menyempurnakan apa yang ingin kita sampaikan dalam web tersebut. Sertakan nomor telepon, handphone dan email yang valid.

Mode open URL

Pada web traffic exchange ada yang melayani pembukaan situs atau open URL yang bermacam-macam. Ada yang terbuka pada satu tab saja di bagian parental situs dan ada yang terbuka pada tab baru atau new tab. Hampir sebagian besar manual surf memakai mode one parental open atau terbuka pada satu tab saja. Sebaliknya, pada mode new tab banyak digunakan pada web traffic exchange auto surf. Meski tidak semua begitu. Sebut saja websyndic, otohits, autowebsurf yang memakai open new tab pada mode autosurfnya. Pada intinya adalah, gunakan mode open in one tab bila tujuan mengikuti program traffic exchange ini adalah untuk menawarkan produk atau informasi tertentu. Namun bila tujuannya masih berkaitan dengan jumlah visitor yang banyak tanpa harus membaca web atau blog milik kita, maka semua mode bisa dilakukan.

Konversi kredit

Maksudnya adalah, kredit yang kita dapatkan pada klik di program traffic exchange ini akan dikonversikan dengan jumlah visitor bagi web atau blog kita. Website traffic exchange menawarkan konversi kredit yang berbeda-beda. Rata-rata berkisar antara 50% hingga 80%. Pilih yang menawarkan konversi kredit yang lebih besar.

Spend time surf

Spend time surf adalah detik waktu yang didapatkan untuk surfing di web atau blog milik kita. Maka pilihlah website traffic exchange yang menawarkan spend time surf nya lebih lama. Atau bisa pula, time surfnya bisa diatur sedmikian rupa.

Cek analisa

Tidak jarang visitor yang kita dapatkan pada website traffic exchange tidak mampu terbaca di google analytics. Mengapa demikian? Salah satu sebabnya adalah spend time surf yang tidak terlalu lama. Sehingga bounce rate juga akan makin tinggi. Maka rajin-rajinlah mengeceknya di google analytics. Jika memang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, ada baiknya kita hapus akun kita di website traffic exchange tersebut. Atau mungkin dengan solusi lain, misal wajib memakai geo targetting, time surf yang lama, dan sebagainya.

Atur waktu surf

Banyak yang mengeluh, terutama para admin blogger. Setelah mengikuti program traffic exchange ini, blognya dibanned oleh google karena dianggap melakukan tindakan SPAM. Maka gunakan program traffic exchange ini sewajarnya, sehingga tidak menimbulkan kecurigaan google yang semakin hari semakin cerdas.

Baiklah, demikian beberapa tips menggunakan website traffic exchange. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin menambahkan, atau bertanya dan merespon artikel ini, jangan sungkan-sungkan untuk merespon melalui kolom komentar yang tersedia.

17 comments