Bacaan Wajib : Cara Menaikkan Peringkat Alexa Rank

Bacaan Wajib : Cara Menaikkan Peringkat Alexa Rank
Bacaan Wajib : Cara Menaikkan Peringkat Alexa Rank Sebagian besar blogger memulai aktifitas membuat blog dengan keinginan yang kuat agar mendapatkan peringkat yang baik di alexa. Mereka kemudian membuat rencana untuk klaim blog di alexa, memasang toolbar lalu mendapatkan ranking di blognya. Akan tetapi tidak sedikit pula blogger pemula yang belum tahu tentang alexa rank ini.

Sekilas tentang Alexa rank

Alexa adalah sebuah perusahaan yang dicetuskan oleh amazon.com. Fokus pada perbaikan dan informasi seputar website berikut data trafiknya. Diantara informasi yang diberikan adalah total page views, jumlah visitor, link situs, sumber trafik dan masih banyak lagi. Data peringkat dan jumlah trafik didapatkan dengan cara memasang alexa toolbar atau memasang widget alexa pada web atau blog.

Bagaimana Cara Meningkatkan Alexa Rank

Pertanyaan ini sangat populer sekali. Hampir semua admin dan pengelola situs bahkan calon pengiklan baik perorangan maupun perusahaan membutuhkan informasi tentang alexa rank pada sebuah situs. Maka, menjadi situs primadona bila mampu mengecilkan peringkat alexa rank. Makin kecil peringkat, makin baik pula kondisi umum sebuah web. Maka sangat wajar bila informasi cara bagaimana meningkatkan alexa ranking sangat dibutuhkan. Berikut beberapa tips dan trik meningkatkan peringkat alexa rank pada web maupun blog.

Rajinlah memposting

Postingan baru akan diiringi dengan munculnya visitor-visitor baru, baik returning visitor maupun new visitor. Hal ini akan memacu pertumbuhan jumlah visitor. Jika pembuatan postingan dilakukan secara berkala, baik seminggu sekali atau sehari sekali, akan menghasilkan visitor yang banyak dan rutin pula. Hal inilah yang akan menaikkan peringkat alexa.

Konten yang berkualitas

Pernah mendengar istilah 'Content is the King'? Istilah ini sangat benar dan terbukti ampuh menaikkan jumlah visitor. Mengapa demikian? Jika konten yang berkualitas dishare di sosial media, baik facebook, google+, twitter dan lainnya, maka kemungkinan dibaca akan semakin tinggi. Sehingga memacu pertumbuhan visitor.

Gunakan Alexa toolbar

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan memasang alexa toolbar akan dapat meningkatkan peringkat alexa. Sahabat bisa menginstallnya dengan mendownload alexa toolbar tersebut. Di beberapa browser, seperti google chrome dan firefox telah menyediakan toolbar ini di dalam extention dan add ons-nya.

Buat halaman di social media

Buatlah halaman khusus untuk web atau blog guna mendapatkan visitor organik dari anggota atau teman-teman di jejaring sosial. Layanan pembuatan halaman seperti ini sangatlah mudah. Silakan mencoba membuatnya melalui facebook. Kemudian setelah jadi, ajaklah kawan-kawan untuk ikut bergabung ke dalamnya. Semakin banyak yang bergabung, semakin baik pula peluang mendapatkan visitor yang banyak. Apalagi beberapa diantara anggota ikut mengshare postingan kita.

Pasang widget alexa

Widget alexa adalah widget khusus dari alexa untuk mempermudah tracking isi blog yang memasangnya. Dan bisa pula mempercepat untuk menaikkan peringkat alexa. Selengkapnya mengenai pemasangan widget ini silakan simak Cara Membuat Widget Alexa Rank pada Blog.

Membangun backlink berkualitas

Keberadaan backlink dari situs ber page rank tinggi akan mempercepat menaikkan alexa rank. Berbagai cara untuk mendapatkannya. Diantaranya adalah dengan rajin memposting komentar di website atau blog commentluv, submit di web direktori, google bookmark, memakai redirect, mendapatkannya di google plus, youtube, dan masih banyak lagi.

Klaim blog di alexa

Daftarkan blog sahabat ke alexa segera setelah blog jadi. Lalu pihak alexa akan mengirim kode yang harus disematkan di halaman blog guna mempermudah tracking blog di alexa. Metode ini juga ampuh menaikkan peringkat di alexa. Selengkapnya tentang cara klaim di alexa, silakan simak Perkecil Ranking Blog dengan Cara Klaim di Alexa.

Gunakan target trafik

Trafik yang terfokus pada area demografi tertentu akan mempercepat menaikkan alexa rank. Sebagai contoh, blogspot.com dan blogspot.co.id setelah diklaim di alexa, maka kecepatan kenaikan rangking adalah yang memakai sub domain blogspot.co.id. Mengapa demikian? Sebab telah disetting geo targetting pada area tertentu, yakni Indonesia. Sedangkan blogspot.com area tergetnya adalah seluruh dunia.

Demikian tutorial blogging seputar tips menaikkan peringkat blog di alexa rank. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin menambahkan, jangan ragu untuk menuliskannya ke dalam komentar yang tersedia.

8 comments