Cara Membuat Link di Blog untuk Mengaitkan Antar Halaman dan Postingan

Pemahaman tentang link bagi seorang admin blog mutlak diperlukan. Bahkan di beberapa kesempatan, para master SEO mensyaratkan agar sebuah blog juga mengutamakan link building atau pengelolaan link. Link atau tautan antar halaman maupun antar artikel akan membentuk semacam jaringan yang akan mempertebal tags blog di mesin pencarian. Sehingga keberadaan link yang saling menautkan akan memudahkan google dalam merayapi blog.

Apa link itu?

Link merupakan istilah dalam dunia web untuk tujuan menautkan antar situs atau antar blog, baik internal maupun eksternal. Artinya tautan bisa dilakukan dengan situs atau blog lain dan bisa pula tautan antar halaman dan postingan di dalam sebuah situs atau blog. Maka ada istilah external linking dan internal linking. Keduanya hampir sama secara prosedur namun berbeda tujuan. Apa maksudnya? Silakan lanjut dulu.
Artikel pilihan 10 Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi Saat Membuat Blog.

Macam-macam link

Link ada 2 macam, yakni link nofollow dan link dofollow. Dalam hal fisik pembuatannya, keduanya berbeda. Link nofollow memakai atribut 'rel:nofollow' sedangkan link dofollow tidak terdapat atribut tersebut.

Kemudian dari sisi perayapan mesin pencari, link dofollow mudah dirayapi oleh google dibanding link nofollow. Hal ini akan terlihat ketika kita membuat link. Apakah akan memprioritaskan link tersebut dirayapi google atau tidak.

Pengalaman saya, link nofollow sebaiknya digunakan untuk external linking, sedangkan link dofollow digunakan untuk internal linking untuk memperkuat link building dalam blog kita.
Artikel rekomendasi Strategi Ampuh Meningkatkan Page Rank Blog.

Cara membuat link

Ada beberapa cara membuat link, yakni menggunakan layanan hyperlink pada default blogger dan menggunakan tambahan kode HTML.
Cara Membuat Link di Blog untuk Mengaitkan Antar Halaman dan Postingan

Gambar di atas adalah cara pertama. Tahapannya adalah:
  1. Tulis text yang tampil pada link. Jika tulisan ini diklik, maka akan diarahkan menuju ke tautan yang dikehendaki.
  2. Tulis alamat URL yang dituju. URL inilah tujuan text link tersebut.
  3. Beri tanda centang pada 'Open this link in a new window' agar ketika link diklik akan tampil di tab baru. Kemudian centang pilihan 'Add rel:nofollow attribute' bila link tersebut untuk link nofollow, dan biarkan kosong untuk link dofollow.
Akhiri dengan OK.

Kemudian cara kedua adalah dengan menambahkan kode HTML. Berikut contohnya.

Link nofollow

<a href="URL link">Text link</a>

Kode link terbuka pada tab baru (new tab)

<a href="URL link" target="_blank">Text link</a>


Link dofollow

<a href="URL linkrel="nofollow">Text link</a>


Kode link terbuka pada tab baru (new tab)

<a href="URL link" rel="nofollow" target="_blank">Text link</a>

Ganti URL link warna merah dengan URL link tujuan, sedangkan warna biru dirubah sesuai text yang tertera pada link. Text link ini dikenal dengan sebutan anchor text. Anchor text ini juga bisa menjadi andalan menanam backlink pada situs atau blog dofollow melalui komentar.

Selengkapnya silakan simak :
Saya sarankan agar blog semakin 'gemuk' dengan banyaknya link yang mengarah ke blog kita, maka sebaiknya menggunakan link dofollow. Supaya blog kita sering dirayapi oleh mensin pencari google, untuk kemudian hasilnya akan meningkatkan halaman peringkat atau page rank blog milik kita.

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membuat link di blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

I am not mastah or newbie, but I am a Blogger.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

9 comments

comments
Nov 16, 2015, 7:08:00 PM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Feb 11, 2016, 11:58:00 AM delete

gan mau tanya klo misalnya kita sudah pasang link di salah satu kata dalam artikel misalnya saya pasang link di kata "membuat link". setelah saya cek via akses blog dgn membaca artikelnya ternyata kata membuat link itu tidak berwarna, jadi tetap hitam, ketika kata tsb di sorot mouse baru berwarna dan link muncul. itu knp ya gan? solusinya biar berwarna bgmn? terima kasih

Reply
avatar
Feb 11, 2016, 9:48:00 PM delete

kode CSS a:link dan lain-lain dirubah dulu gan. lengkapnya, silakan simak artikel MERUBAH WARNA ANCHOR TEXT. Moga sukses.

Reply
avatar
Feb 14, 2016, 11:50:00 AM delete

oke, terima kasih petunjuk dr agen sdh tak praktekkan & sudah berhasil. trus ini mau tanya lagi ane ada problem di artikel, artikel sudah ane publish tp ndak muncul di halaman utama blog, padahal di popular post sdh muncul. itu knp ya gan? solusinya gmn? trima kasih..

Reply
avatar
Mar 31, 2016, 10:35:00 PM delete

saya suka membaca tulisan ini, sederhana tapi mengena khususnya ketika memperaktikkan pada kolom poatingan. jujur sampai sekarang masih belum paham betul mengenai dofollow dan nofollow. tapi dengan keterangan ini, sedikit memberikan pencerahan. terimakasih kang admib

Reply
avatar
Apr 8, 2016, 7:45:00 AM delete

terima kasih kembali sob, mudah-mudahan semua artikel di dalam blog ini mudah dimengerti, sehingga bisa bermanfaat.

Reply
avatar
Apr 10, 2016, 8:04:00 PM delete

makasih mas owen paijo , akhirnya aku tau kalo mau buat link nofollow :D , sukses trus mas

Reply
avatar
Apr 15, 2016, 11:27:00 AM delete

keren nich artikel nya...izin belajar ya mas....maklum newbie nich...
www.hydrofarmku.blogspot.com

Reply
avatar
Apr 26, 2016, 7:20:00 AM delete

mantap sob, makin sering sharing, makin mudah memahami blogging.

Reply
avatar

Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi. So, waspadalah.