Membuat Blog Itu Gampang

Asslamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh para sahabat blogging. Pada kesempatan baik ini, penulis mengawali perbincangan tutorial ini dengan definisi-definisi tentang apa itu blog, blogging, blogger dan blogspot.

Agar tutorial ini sempurna, maka penulis merasa perlu memberikan pengertian secara global. Definisi ini akan banyak membantu, terutama bagi sahabat yang mungkin baru kali ini mendengar kata-kata blog dan kawan-kawannya, atau sahabat yang ingin menciptakan sebuah blog baru. Baiklah, berikut penjelasan globalnya. 

Blog

Blog merupakan singkatan dari web log. Artinya adalah aplikasi web yang memuat tulisan, gambar, maupun video dalam bentuk postingan dalam sebuah halaman website. Dan website inilah yang dinamakan blog.

Blogging

Blogging adalah aktivitas memberikan informasi baik berupa tulisan, gambar ataupun video dalam sebuah postingan blog. Makna mudahnya adalah blogging adalah pekerjaan untuk membuat blog.

Blogger

Blogger bisa diartikan sebagai media internet guna memasukkan informasi dalam sebuah blog. Bisa pula diartikan sebagai para pembuat blog.

Blogspot

Blogspot adalah wadah bagi blogger untuk membuat blog. Blogspot ini adalah salah satu produk google untuk para pecinta blog. Blogspot inilah yang nanti akan penulis rincikan untuk pembuatan blog.

Kenapa memakai blogspot, bukan weblog lainnya? Salah satu jawaban yang masuk akal adalah karena blogspot adalah "anak"nya google. Sehingga dari segi trafic akan lebih mudah terindex di search engine. Selain itu pula, kesempatan bagi para blogger untuk mendapatkan keuntungan online akan semakin besar. Sebab program google adsense sampai sekarang masih menjadi primadona iklan online di seluruh dunia.
Rekomendasi 15 Alasan Mengapa Anda Gagal Mengelola Blog.

Manfaat platform Blogger

Manfaat lain membuat blog melalui blogger yaitu : 
  1. Dari segi biaya, tidak keluar biaya sedikitpun. 
  2. Dari segi hosting, space dan bandwidth unlimited. Dengan demikian tidak perlu kuatir lagi dengan lonjakan traffic yang meningkat. 
  3. Dari segi tema atau template, blogspot bisa diupload template dari luar. 
  4. Dari segi SEO (Search Engine Optimization), blogspot ini milik google, jadi pasti lebih 'disayang' si mbah kan. 
  5. Dari segi server, server google jauh lebih cepat dan stabil. Hampir tidak pernah down. 
  6. Nah, satu lagi keuntungan dari blogspot, yaitu sahabat dapat menggunakan domain apa saja (berakhiran .com, .net, .org, .us dst) dengan tetap menggunakan platform blogspot. Yang nantinya akan kita kenal dengan blogger custom domain. Selengkapnya mengenai blogger custom domain silakan simak Seputar Blogger Custom Domain

So, selanjutnya akan penulis bahas secara detail bagaimana membuat blog dari nol hingga menjadi mahir.

Oke, begitu dulu, jika sahabat ingin mendapat informasi seputar tutorial blogging, silakan berselancar terus dalam blog saya ini. Sebab blogging itu gampang.

9 comments